Minggu, 12 Agustus 2012

Cara Memperbaiki Lampu Jari Atau Lampu TL Yang Mati/Rusak


Hemat energi atau hemat listrik menjadi daya tarik untuk beralih ke lampu TL sebagai penerangan rumah. Lampu TL secara garis besar dibedakan menjadi dua yaitu Lampu TL dengan system rangkaian elektronik dan Lampu TL dengan sistem balast (mirip trafo). Lampu TL dengan system elektronik lebih hemat dibandingkan lampu pijar dan lampu TL system balast.
Kerusakan lampu TL system elektronik bisa terjadi pada rangkaian elektroniknya dan pada tabung neonnya. Yang bisa diservis pada lampu TL jenis ini jika terjadi kerusakan pada rangkaian elektroniknya. Kalau kerusakan pada tabungnya sementara ini belum bisa.

Kerusakan pada bagian tabung biasa ditandai dengan bagian pangkal tabung yang berwarna hitam. Jika menjumpai lampu TL jenis ini mati dengan kondisi seperti tadi besar kemungkinan tidak bisa diperbaiki. Soalnya kerusakan terjadi pada bagian tabung neon yaitu pada bagian filamennya. Lain halnnya jika lampu TL mati dengan kondisi tabung masih bersih, lampu TL mati karena rangkaian elektroniknya yang rusak. kemungkian besar lampu TL masih bisa diperbaiki.

Rata-rata merk lampu jari / lampu TL dengan harga kisaran 5000 menggunakan komponen aktif yang sama yaitu transistor seri 13001 atau 13002 NPN. Kecuali pada merek lampu jari yang berharga diatas Rp. 20.000,- seperti Philips.

Cara memperbaiki lampu jari atau lampu TL yang mati/rusak

langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan solder pada bagian atas lampu yang terdapat timah diatasnya lalu tarik bagian fitting lampu congkel dengan obeng minus. Siapkan avometer atau tester untuk mengecek komponen.
Langkah kedua lepas bagian lampunya dengan obeng minus lalu ukur tabung tubenya dengan multimeter jika belum putus masih bisa kita gunakan. Amati secara visual apakah ada kompoinen yang gosong atau meledak.

Kerusakan biasanya pada bagian resistor +_470K 2 watt,atau capasitor 4,7uf/400 voltnya meledak. Untuk memastikan cek komponen dengan avometer. Setelah komponen rusak diganti tutup kembali cover dengan dikasih lem supaya lebih kuat. Hati-hati ketika ujicoba, rangkaian dan tabung bisa meledak jika terjadi hubungan arus pendek atau konsleting.
Mengatasi lampu jari yang mati, kalau tabungnya rusak memang harus diganti. Demikian cara memperbaiki lampu jari yang rusak/mati. Sekian

lebengjumuk.blogspot.com


1 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus